Home informasi liga champion Persib Belajar Dari Compact Disc

Persib Belajar Dari Compact Disc

121
0
informasi liga champion

Saat memastikan akan melatih Persib Bandung pada kompetisi GO-JEK Liga 1 2018, hal pertama yang diminati Mario Gomez kepada manajemen adalah 34 keping Compact Disc (CD) rekaman laga Maung Bandung. Rekaman berisi pertandingan Persib sepanjang kopetisi Liga 1 2017. Satu per satu CD tersebut dia putar untuk mempelajari berbagai penghambat serta penyebab Persib gagal total musim lalu. Waktu berpacu, tepatnya 1 Desember 2017, Gomez mulai menjalankan tugasnya sebagai pelatih Persib. Hanya dua bulan memberikan materi, pelatih asal Argentina ini langsung dihadapkan kepada agenda penting.

informasi liga champion

Pramusim Piala Presiden 2018, inilah ujian pertamanya melatih Persib. Hasil akhirnya bisa ditebak, meski digelar di Bandung, Persib gagal lolos dari babak group. Kegagalan ini tidak membuat Gomez panik. Justru dari sinilah reformasi di tubuh Persib mulai dijalankannya. Piala Presiden jadi ajang evaluasi. Imbasnya satu persatu pemain dikorbankan. Stopper Achmad Jufriyanto yang identik dengan bobotoh, dilepas ke Liga Malaysia. Yang lebih mengejutkan, gelandang asing kelas dunia, Michael Essien, tidak termasuk pemain yang diinginkan Gomez. Dalam perjalanannya, ia membuka seleksi untuk mencari pemain. Tidak ada pemain asing yang ikut. Yang muncul dan lolos seleksi hanyalah empat nama lokal yang rata-rata berusi muda.

Yakni, striker Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, sayap Ghozali Siregar, serta dua bek M. Al Amin Syukur Fisabilillah, dan Adri Idrus. Pelan tapi pasti, Gomez membangkucadangkan pemain senior termasuk bek Wildansyah dan Tony Sucipto. Bahkan, sayap Atep Rizal yang dulu jadi ikon Persib kini jarang masuk line up. Itu merupakan bagian dari proses regenerasi Gomez setelah bobotoh, melihat rekaman pertandingan musim lalu. Pengecualian untuk Billy Keraf, Gian Zola, dan Imam Arif Fadilah. Deretan pilar muda itu dilepas karena kalah bersaing di posisi mereka. Kalimat step by step yang sering diucapkan Gomez terbukti. Hasilnya, tanpa terasa persib berada di puncak. Menurut Gomez kuncinya untuk mengadapi satu pertandingan fokus dan konsentrasi.